Jumat, 06 Januari 2012

Pertumbuhan Penduduk ( Dalam Arti Pengangguran )


P
ertumbuhan Penduduk ( Dalam Arti Pengangguran )
Maksud dari pertumbuhan penduduk dalam arti pengangguran menurut saya adalah, meningkatnya jumlah angka kelahiran di Indonesia  yang berpengaruh terhadap jumlah angka pengganguran. Semakin meningkatnya jumlah penduduk maka otomatis jumlah calon pekerja juga akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena begitu banyaknya para calon pekerja yang ingin memasuki dunia kerja dengan tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari berbagai latar belakang jenjang pendidikan yang berbeda-beda namun dengan satu tujuan yang sama, yaitu mendapatkan pekerjaan. Mereka berlomba-lomba untuk  mendapatkan posisi yang ditawarkan oleh berbagai macam lembaga. Baik dari negeri maupun swasta. Persaingan yang terjadi diantara para pelamar kerja sangat ketat, siapa yang memenuhi kualifikasi maka akan mendapatkan pekerjaan, sedangkan yang tidak memenuhi kualifkasi dan mudah putus asa maka mereka akan  tersingkirkan dari persaingan.
Dari banyak penelitian kita mengetahui bahwa faktor utama yang menentukan perkembangan penduduk adalah tingkat kematian, tingkat kelahiran dan tingkat perpindahan penduduk (migrasi). Dua faktor pertama yang sangat besar peranannya dalam mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk.

1. Tingkat Kematian (Death Rate)

Ada empat faktor yang menyumbang terhadap penurunan angka kematian pada umumnya:
a). Adanya kenaikan standar hidup sebagai akibat kemajuan teknologi dan meningkatnya produktivitas tenaga kerja serta tercapainya perdamaian dunia yang cukup lama.
b). Adanya perbaikkan pemeliharaan kesehatan umum (kesehatan masyarakat), maupun kesehatan individu.
c). Adanya kemajuan dalam bidang ilmu kedokteran serta diperkenalkannya lembaga-lembaga kesehatan umum yang modern, sehingga dapat mengurangi jumlah orang yang terserang penyakit.
d). Meningkatnya penghasilan riil per kapita, sehingga orang mampu membiayai hidupnya dan bebas dari kelaparan dan penyakit, dan selanjutnya dapat hidup dengan sehat.

2. Tingkat Kelahiran (Birth Rate)

Di negara-negara industri pertumbuhan penduduk berlangsung terus di samping adanya penurunan tingkat kelahiran; misalnya di perancis, Amerika Serikat dan inggris, tingkat kelahiran terus menurun sejak abad kesembilan belas sampai awal abad ini. Hanya setelah perang dunia ke-II, tingkat kelahiran meningkat dan mempercepat tingkat pertambahan penduduk.

Tingkat kelahiran lebih dihubungkan dengan perkembangan ekonomi melalui pola-pola kebudayaan seperti: umur perkawinan, status wanitanya, kedudukan antara rural dan urban serta sifat-sifat dari sistemfamili yang ada.

Di negara-negara yang sudah maju, terutama di negara-negara barat, penurunan tingkat kematian sungguh-sungguh telah diikuti oleh suatu penurunan tingakt kelahiran pula.

3. Migrasi

Migrasi mempunyai peranan juga dalam menentukan tingkat pertumbuhan penduduk. Oleh karena itu tingkat pertumbuhan penduduk tidak dapat diperhitungkan hanya dari tingkat kelahiran dan tingkat kematian saja.
Pengangguran merupakan masalah pokok dalam suatu masyarakat modern. Jika tingkat pengangguran tinggi, sumber daya terbuang percuma dan tingkat pendapatan masyarakat merosot. Dalam situasi seperti ini kelesuan

Solusi untuk menanggulangi meningkatnya jumlah pengangguran di suatu wilayah yang dapat dilakukan oleh pemerintah, yaitu dengan melakukan beberapa tindakan, misalnya dengan menggalakan kegiatan transmigrasi kepada para masyarakat yang berada di wilayah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup banyak ke wilayah yang penduduknya masih sedikit.
Solusi kedua yaitu kita sebagai masyarakat dapat berpartisipasi dengan pemerintah untuk membantu mengurangi angka penggangguran yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang disekitar kita.
Maka dengan adanya lapangan baru tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan dapat memanfaatkan tenaga kerja pemuda – pemudi dengan baik demi memajukan pembangunan bangsa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar